Senin, 18 Juni 2012

Farmakologi

Istilah-istilah umum dalam bidang farmakologi dengan definisinya diterangkan di artikel ini. Istilah kerja (action), efek, dan respons mempunyai pengertian yang sama sehingga dalam buku ini istilah ini dapat dipertukarkan.
Istilah Kerja, efek
Digunakan untuk menyatakan interaksi molekular antara obat dengan suatu unsur respons pokok dalam tubuh, atau hasil yang dapat diobservasi.
Istilah Farmakodinamik
Mempelajari efek obat terhadap fisiologi dan biokimia berbagai jaringan tubuh serta mekanisme kerjanya.
Istilah Farmakokinetik
Mempelajari nasib obat dalam tubuh (absorpsi, distribusi, metabolisme, ekskresi). Berkaitan dengan konsentrasi obat dalam cairan dan jaringan tubuh dan bagaimana variabel-variabel memengaruhi konsentrasi obat yang bervariasi dengan waktu. Tempat kerja enzim, reseptor, protein lain, organ, jenis sel, komponen membran, asam nukleat, dll. yang spesifik di tempat terjadinya permulaan interaksi molekular antara obat dan unsur pokok tubuh, yang menghasilkan respons terapi.
Istilah Farmakogenetik
Bidang farmakologi yang meneliti hubungan faktor faktor genetik dengan variasi dalam respons yang penting dalam respons terapi.
Istilah Terapi/terapeutik
Suatu usaha atau tindakan yang diambil dalam pengobatan penyakit. Kata ini berasal dari bahasa Yunani yang berarti seni pengobatan (art of medicine).
Istilah Farmakoterapi
Penggunaan obat untuk pengobatan penyakit. Farmakoterapi merupakan bagian dari terapeutik di samping fisioterapi dan psikoterapi. Dalam farmakoterapi, di samping penguasaan farmakologi obat, diperlukan pula pengetahuan tentang patofisiologi penyakit.
Istilah Kemoterapi
Penggunaan zat-zat kimia dalam pengobatan penyakit infeksi. Istilah kemoterapi juga digunakan untuk penggunaan zat kimia untuk pengobatan neoplasma.
Istilah Farmakologi
Cabang dari farmakologi yang mempelajari efek klinik obat dan pengobatan pada manusia secara klinik (scientific study of drug in man).
Istilah Posologi
Ilmu yang mempelajari tentang dosis obat, cara pemberian (frekuensi, interval, dan lama pemberian), bentuk-bentuk sediaan obat, dan lain-lain.
Istilah Toksikologi
Cabang farmakologi yang mempelajari efek toksik atau efek merugikan/tidak diinginkan dari obat (efek samping), racun, zat kimia lain yang dapat menimbulkan penyakit atau kematian.
Istilah Farmasi
Ilmu yang mempelajari tentang pembuatan, pencampuran, penyediaan, dan pengenalan bentuk sediaan obat (dosage form). Obat adalah semua zat kimia yang dapat memengaruhi proses hidup pada tingkat molekular.
Istilah Farmakognosi
Ilmu yang mempelajari tentang sumber-sumber alamiah obat, yaitu dari tanaman, hewan, mineral, atau produkproduknya.



writer by Miranti 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar